4 Tips Menyusun Rencana Kerja
Kiat menyusun rencana kerja berikut bisa Anda praktekkan agar kerja Anda bisa terorganisir lebih baik.
  Dakota 42
 Jan 10, 2019

Setiap orang memiliki cara sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan. Ada sebagian orang yang bisa menyelesaikan pekerjaan dengan mudah tanpa perlu membuat rencana kerja. Namun, ada pula yang merasa tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu akibat kebiasaan menunda tugas. Sebaiknya Anda memang menyusun rencana kerja secara baik agar bisa menyelesaikan semua tugas sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan atasan atau klien. 


Kiat menyusun rencana kerja berikut bisa Anda praktekkan agar kerja Anda bisa terorganisir lebih baik.

 

1. Menentukan hal yang ingin dicapai

Setiap orang yang mengerjakan sesuatu pasti memiliki target tertentu apalagi jika Anda adalah seorang pimpinan yang mengepalai sebuah tim. Ada baiknya Anda selalu memiliki target atau tahapan yang ingin dicapai. Hal ini bisa memacu Anda lebih produktif dalam bekerja. 
Selain itu, memiliki target tertentu akan membuat seseorang enggan menunda melakukan pekerjaan tepat waktu. Anda bisa mencatat tujuan dan target sebuah pekerjaan dalam memo atau menuliskannya di tempat kerja yang bisa Anda baca setiap saat. 

 

2. Memilih tim kerja yang solid

Cara terbaik menyusun rencana kerja yang bagus adalah menentukan tim kerja yang memiliki kinerja bagus. Jika ada salah satu anggota tim yang tidak sejalan tentu akan mengacaukan semua hal yang telah Anda persiapkan secara detail. 
Memiliki tim kerja yang bagus akan mempermudah Anda melaksanakan pekerjaan tepat waktu termasuk meraih target yang telah Anda tetapkan sebelum memulai tugas tersebut. Penting pula menerapkan sikap kepemimpinan yang bagus agar tim yang Anda kepalai bisa bekerja sesuai dengan deadline.

 

 

3. Menentukan prioritas pekerjaan dari segi dana, waktu dan tugas

Cara menyusun rencana yang baik adalah menetapkan langkah prioritas dalam bekerja. Tentu Anda harus mengedepankan tugas yang paling penting diantara yang lain. Tulis hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai proyek pekerjaan seperti dana yang dibutuhkan, waktu pengerjaan hingga risiko jika tidak tepat waktu. 
Hal yang tertulis rapi ini bisa menjadi acuan bagi Anda untuk berkerja keras dan tidak memiliki waktu untuk bersantai. Menunda pekerjaan hanya akan menimbulkan masalah baru kemudian hari.

 

4. Mematuhi aturan yang telah tertuang dalam rencana 

Kiat menyusun rencana kerja tidak akan terimplementasikan dengan baik jika Anda melanggar aturan yang dibuat sendiri. Ada baiknya Anda mengatur strategi jitu agar semua hal yang Anda targetkan tercapai. 
Hal yang perlu dipertimbangkan pula adalah potensi diri serta hambatan apa saja yang mungkin terjadi. Dari sekian data yang Anda kumpulkan tersebut, akan tercipta sebuah solusi yang mungkin bisa meminimalisir rencana kerja gagal terealisasikan.

 

Mungkin Anda sering mengalami kewalahan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan maka wajib memperhatikan kiat menyusun rencana kerja diatas. Rencana yang baik dan konsisten terpatuhi bakal memberikan hasil yang maksimal. Pastikan Anda menghilangkan hambatan atau kendala yang membuat pekerjaan sering tertunda secara maksimal. Tentu tidak akan ada kerja bagus yang bakal memberikan hasil minimal, bukan?

Dakota 42
Contributor & Editor